Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung

Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Ikan tenggiri bertubuh memanjang, memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya. Moncong meruncing, dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah.

Panjang moncong lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang. Sirip punggung dalam dua berkas, yang depan dengan duri keras. Sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan.

PT. Rezeki Samudra Abadi

SIAPAKAH KAMI ?

SEKILAS TENTANG KAMI !

Ikan tenggiri memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh dan juga untuk para wanita hamil. Karena dalam satu buah ikan tenggiri mengandung banyak protein dan lemak omega 3 di dalamnya.

Mengkonsumsi ikan tenggiri secara rutih sangat baik karena baik untuk kesehatan otak, mengobati dan mengurangi penyakit gangguan saluran kencing, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, kanker, depresi, menyembuhkan penyakit eksim, dan untuk kebutuhan asupan gizi pada ibu hamil karena banyak mengandung mineral AA dan DHA.

Sehingga mengkonsumsi ikan tenggiri sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang otak terutama yang masih dalam janin.

Ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis pada dagingnya. Masyarakat yang tinggal di Palembang Indonesia memanfaatkan daging ikan tenggiri untuk dijadikan berbagai panganan yang sangat menggugah selera. Mereka biasa membuat pempek, tekwan, model, dan kerupuk yang berbahan dasar dari ikan tenggiri.

Dalam situs web Food and Agriculture Organization (FAO), jumlah penangkapan ikan tenggiri terbesar di dunia pernah tercatat di Indonesia, diikuti Filipina, Sri Langka, Yaman, dan Pakistan.

Ikan tenggiri biasanya dipasarkan dalam keadaan segar atau beku. Sejumlah negara maju lebih menyukai ikan tenggiri yang dipasarkan dalam bentuk potongan tipis (fillet) atau tanpa tulang (boneless).

Penangkapan ikan tenggiri di Indonesia sebagian besar dilakukan secara sederhana dan tradisional (artisanal). Artinya, ikan tenggiri menjadi komoditas andalan para nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesungguhnya populasi ikan tenggiri di Indonesia berpeluang memperbaiki kesejahteraan para nelayan.