UDANG

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau.

Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama “udang”. Misalnya mantis shrimp dan mysid shrimp, keduanya berasal dari kelas Malacostraca sebagai udang sejati, tetapi berasal dari ordo berbeda, yaitu Stomatopoda dan Mysidaceae.

Triops longicaudatus dan Triops cancriformis juga merupakan hewan populer di air tawar, dan sering disebut udang, walaupun mereka berasal dari Notostraca, kelompok yang tidak berhubungan.

Udah bisa begerak renang sangat cepat dengan cara menendang air kedepan, hanya dalam 1 detik ia sudah berpindah ke tempat yang berbeda.

Udang menjadi dewasa dan bertelur hanya di habitat air laut. Betina mampu menelurkan 50.000 hingga 1 juta telur, yang akan menetas setelah 24 jam menjadi larva.

larva kemudian bermetamorfosis memasuki fase ke dua yaitu zoea. Zoea memakan ganggang liar. Setelah beberapa hari bermetamorfosis lagi menjadi mysis.

Mysis memakan ganggang dan zooplankton. Setelah tiga sampai empat hari kemudian mereka bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa.

Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. Pada tahap ini, udang budidaya siap untuk diperdagangkan, dan disebut sebagai benur.

Di alam liar, postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari, yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah. Di sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa.

Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut, udang masih kerabat jauh dari serangga seperti ulat bulu, kupu-kupu, cencorang dsb

Kandungan Gizi pada Udang sangat bermanfaat sekali untuk mencukupi asupan gizi pada tubuh kita.

Udang adalah salah satu bahan makanan hewani yang bisa di komsumsi dengan cara apa bermacam-macam cara memasaknya.

Udang segar mengandung energi sebesar 91 kilokalori, proten 21 gram, Karbohidrat 0,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 136 miligram, fosfor 170 miligram, dan zat besi 8 miligram.

Selain itu di dalam Udang Segar juga terkandung vitamin A sebanyak 60 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Beberapa manfaat yang terkandung dalam udang untuk kesehatan setelah anda mengkonsumsi udang antara lain :

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung)
  • Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh.
  • Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori.
  • Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya.
  • Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh
  • Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh dengan kandungan zinc-nya
  • Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan kandungan vitamin D, B12 dan Omega 3
  • Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi.